LEMKOMINDO
Yenni Sofiana Tambunan, S.Pd., M.Si

Yenni Sofiana Tambunan, S.Pd., M.Si

Judul Buku:

Studi Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia

Penulis:
Yenni Sofiana Tambunan, S.Pd., M.Si
ISBN: (dalam Pengajuan)
Editor: Khairuddin Tampubolon, ST., M.Si
Desain Sampul: Dr. Elazhari, M.Si
Pracetak: Yenni Sofiana Tambunan, S.Pd., M.Si

Cetakan Pertama: September 2022

Penerbit:
LEMKOMINDO
Jl.Seser, Komplek Perumahan Citra Mulia Sejahtera,
Blok D no.11, Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara.
CP: 0812 1973 7675
Surel: lemkomindo.jlas@gmail.com
Web: https://lemkomindo.org/

Buku PDF

Sinopsis Buku:

Kebijakan moneter adalah semua upaya atau tindakan Bank Sentral dalam mempengaruhi perkembangan variabel moneter (uang beredar, suku bunga, kredit dan nilai tukar) untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu (Mishkin, 2004: 457)

Liberalisasi perbankan sejak tahun 1980-an mengakibatkan perkembangan perbankan di Indonesia cukuplah pesat. Sistem keuangan Indonesia mengalami perubahan yang berarti sampai saat ini. Liberalisasi disertai dengan kelonggaran arus modal asing dan pengawasan devisa. Perkembangan tersebut mendorong perubahan arah kebijakan moneter, mempengaruhi hubungan antara tingkat suku bunga, pendapatan dan inflasi. Mendorong Pemerintah untuk mengkaji ulang instrument-instrumen moneter yang tepat untuk kebijakan yang akan dikeluarkan. Meskipun liberalisasi tersebut diikuti oleh paket-paket kebijakan lainnya, namun belum dapat mengurangi kelemahan di berbagai sektor perekonomian yang ada.

Dari hasil penelitian diketahui Jalur suku bunga sangat efektif menentukan tujuan ahir kebijakan moneter terbukti dengan besarnya masing-masing kontribusi jalur suku bunga dalam menetukan inflasi pada ahir periode (jangka panjang) dan Produk domesti Bruto tidak terlaku berkontribusi kuat terhadap tujuan ahir dari kebijakan moneter yaitu inflasi, terbukti dengan melihat kecilnya kontribusi PDB terhadap tujuan ahir dari kebijkan moneter yaitu inflasi.